Lembar Pengesahan
Proposal
Lomba Debat Bahasa Indonesia SMK dalam rangka Lomba Kompetensi Siswa SMK Kabupaten Semarang
Tahun
2016
Disusun
oleh:
Benny
Irawan, S.Pd. M.Pd.
NIP.
198307032009021002
Ketua
MGMP Bahasa Indonesia
Telah
Disahkan oleh Koordinator Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa
Indonesia
Pada
: .............................................................
Koordinator
MGMP Bahasa Indonesia SMK
Kabupaten
Semarang
Tutik Mardining L., S.Pd. M.Pd.
NIP.
19640724198803007
A.
Pendahuluan
Bahasa
Indonesia merupakan sarana utama yang digunakan dalam proses tranformasi informasi
dari sumber informasi kepada objek informasi. Proses tersebut membutuhkan sumber, media,
bahan metode, strategi yang tepat supaya hasil yang dicapai dalam komunikasi
sebagai penghantar informasi didapat
secara maksimal. Dalam berbagai hal tujuan akhir dari penyampaian informasi
adalah terjadinya pemahaman terhadap informasi yang disampaikan, selanjutnya informasi tersebut ditindak
lanjuti dengan komunikasi yang baik dan strategi komunikasi yang tepat.
Strategi
dalam berkomunikasi idealnya harus selalu berorientasi kepada keberhasilan dan
ketepatan informasi yang dapat dipahami secara menyeluruh. Sehingga dalam
penyampaian gagasan maupun argumentasi mampu dipahami oleh orang lain sebagai
satu kesatuan yang utuh sehingga tidak dimaknai secara ambigu. Strategi
komunikasi hendaknya senantiasa diajarkan dengan tepat, dilatihkan secara
berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan berbahasa
yang menjadi modal dalam berkomunikasi.
Pada
siswa, kemampuan berkomunikasi ditunjang dengan keterampilan berbahasa.
Keterampilan berbahasa yang meliputi menyimak, menulis, membaca dan berbicara
mutlak harus dimiliki. Siswa dituntuk untuk menguasai keempat keterampilan
berbahasa mengingat ke depan para siswa akan terjun secara langsung di
masyarakat maupun dunia kerja yang menuntut kemampuan bahasa yang baik.
Bagi
siswa SMK, penguasaan keterampilan berbahasa sangat penting dalam menunjang
penguasaan kompetensi kejuruan. Kompetensi kejuruan yang dikuasai oleh siswa
SMK akan dapat dengan baik diaplikasikan dalam praktik secara nyata di
masyarakat jika siswa mampu mengomunikasikannya dengan baik. Komunikasi tentang kompetensi yang baik karena
ditunjang penguasaan keterampilan bahasa yang baik akan memberikan
dampak positif besar bagi siswa sehingga akan bermanfaat dalam kehidupan siswa
di masa yang akan datang.
Salah
satu wujud keterampilan bahasa yang harus diajarkan dan dilatihkan kepada siswa
adalah tentang cara bagaimana menyampaikan ide, pendapat, atau pun gagasan
serta bagaimana menanggapi pendapat orang lain secara tepat dan santun. Jika
setiap siswa diajarkan hal tersebut maka dalam setiap kali komunikasi yang
dilakukan akan berjalan dengan baik dan senantiasa memberikan manfaat yang
signifikan baik secara moral maupun perkembangan verbal.
Berkaitan
dengan hal tersebut, lomba debat khususnya debat Bahasa Indonesia dapat menjadi
sarana yang tepat. Debat mengajarkan bukan tentang perbedaan, tetapi debat
Bahasa Indonesia mengajarkan bagaimana dengan bahasa kita dapat menghargai
pendapat orang lain serta bagaimana kita menyampaikan pendapat secara cakap dan
santun kepada orang lain. Hal tersebut menjadi salah satu alasan tentang
pentingnya mengajarkan bagaimana menyampaikan pendapat kepada orang lain dengan
cara tepat dan santun sebagaimana dilakukan dalam debat.
Debat
Bahasa Indonesia sebagai salah satu bentuk pembelajaran siswa dalam hal
keterampilan bahasa. Dalam hal kaitannya dengan Lomba Kompetensi Siswa (LKS)
SMK Kabupaten Semarang Tahun 2016 ini, debat Bahasa Indonesia menjadi salah
satu yang dilombakan. Secara sederhana debat Bahasa Indonesia bertujuan dalam
bidang akademik dan juga bidang prestasi. Dalam bidang akademik, debat Bahasa
Indonesia bermanfaat bagi siswa dalam hal mengembangkan keterampilan berbahasa
Indonesia. Dalam bidang prestasi, siswa dapat memperoleh prestasi yang
diperoleh dari usaha yang sungguh-sungguh dalam hal proses berlatih dan belajar
mengembangkan keterampilan berbahasa.
Dari
salah satu pemikiran yang sederhana itulah Musyawarah Guru Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia (MGMP) Bahasa Indonesia menyelenggrakan lomba debat Bahasa
Indonesia diadakan dalam rangkaian Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Kabupaten
Semarang tahun 2016 yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa
sekaligus prestasi akademik bagi siswa SMK se Kabupaten Semarang.
B. Tujuan Kegiatan
Tujuan
lomba debat Bahasa Indonesia dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Kabupaten
Semarang Tahun 2016 sebagai berikut.
- Sebagai wadah kegiatan siswa SMK untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Indonesia.
- Sebagai kegiatan untuk meningkat kemampuan kognitif, afektif siswa dalam berkomunikasi.
- Sebagai proses melatih siswa untuk menyampaikan pendapat dan menghargai pendapat orang lain sehingga siswa akan dapat menyikapi setiap perbedaan pendapat.
- Mensukseskan program kerja MGMP Bahasa Indonesia SMK Kabupaten Semarang.
- Melaksanakan serta mendukung program kegiatan MKKS SMK Kabupaten Semarang yang berorientasi pada pencapaian prestasi akademik siswa ke jenjang Provinsi Jawa Tengah.
C.
Nama dan Tema Kegiatan
Nama
kegiatan adalah Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat SMK Kabupaten Semarang
Tahun 2016. Kegiatan debat Bahasa Indonesia dilaksanakan dalam rangka Lomba
Kompetensi Siswa (LKS) SMK se Kabupaten Semarang. Adapun tema kegiatan adalah
“Melalui Debat Bahasa Indonesia Kita Wujudkan Siswa yang Cerdas, Cakap dan
Santun Berbahasa Indonesia.”
D.
Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan
Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat SMK se Kabupaten Semarang Tahun 2016
dilaksakan pada:
hari : Selasa-Rabu
tanggal : 15-16 November 2016
waktu : Pukul 08.00 WIB - selesai
tempat : SMK N Jambu
E.
Peserta Kegiatan
Peserta
yang terlibat dalam kegiatan debat adalah peserta, pendamping peserta dan
panitia kegiatan. Adapun Peserta Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat SMK se
Kabupaten Semarang diikuti oleh siswa SMK se Kabupaten Semarang kelas X-XI. Dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Merupakan siswa aktif kelas X/XI.
2. Dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
3. Peserta bukan siswa yang pernah menjadi juara pertama dalam LKS tahun
sebelumnya dalam mata lomba yang sama.
4. Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan pas foto berwarna ukuran 3x4
sebanyak 2 lembar.
Adapun rincian
Peserta kegiatan sebagai berikut.
No
|
Peserta Kegiatan
|
Jumlah
|
|
1
|
Peserta Lomba Debat
|
129
|
siswa
|
2
|
Pendamping Peserta
|
43
|
guru
|
3
|
Panitia MGMP
|
8
|
orang
|
4
|
Panitia Lokal (timer
dan moderator)
|
12
|
orang
|
Jumlah
|
192
|
orang
|
F.
Aturan dan Topik Kegiatan
Aturan
lomba debat Bahasa Indonesia Tingkat SMK se Kabupaten Semarang Tahun 2016
adalah sebagai berikut.
1.
Peserta
adalah tim perwakilan masing-masing SMK di Kabupaten Semarang. Setiap tim
terdiri atas 3 anggota yang kelas X/XI.
2.
Peserta
wajib menaati tata tertib yang telah ditentukan panitia.
3.
Setiap
peserta wajib saling menghormati dan menjaga ketertiban dalam ruangan lomba
4.
Ketentuan
Lomba
a. Panitia menggunakan aturan lomba
dengan model debat parlemen Australia.
b. Urutan tampil debat sesuai undian dengan sistem gugur.
c. Terdapat dua tim yang berdebat, masing‐masing
tim terdiri atas tiga pembicara yang
secara bergilir akan menjadi pembicara
pertama, kedua, dan ketiga.
d. Salah satu tim akan menjadi sisi Pro/Positif,
yaitu sisi yang mendukung mosi/topik, dan
tim yang lain akan menjadi sisi Kontra/Negatif,
yaitu sisi yang tidak setuju atau tidak
mendukung mosi/topik.
e. Tim pro/positif dan kontra/negatif
ditentukan dengan undian.
f. Masing-masing tim tidak diperbolehkan
membawa semua sumber data/rujukan yang
diperlukan (buku, koran, majalah, dll)
termasuk pemanfaatan peranti TIK (Laptop dan
sejenisnya untuk akses internet).
g. Pemilihan tema dilakukan dengan
pengundian sebelum debat dilaksanakan. Setelah
pengundian tema, setiap tim
debat diberi waktu 3 menit untuk membicarakan
argumennya masing-masing.
h. Setiap pembicara akan menyampaikan
pidato substantif yang berlangsung
selama
maksimal 3 menit. Urutan
pembicara dalam debat adalah sebagai berikut :
1) Pembicara pertama
sisi Pro/Positif
(waktu maksimal 3 menit)
2) Pembicara pertama sisi Kontra/Negatif
(waktu maksimal 3 menit)
3) Pembicara ke‐2
sisi Pro/Positif
(waktu maksimal 3 menit)
4) Pembicara ke‐2 sisi Kontra/Negatif
(waktu maksimal 3 menit)
5) Pembicara ke‐3 sisi Pro/Positif
(waktu maksimal 3 menit)
6) Pembicara ke‐3 sisi Kontra/Negatif
(waktu maksimal 3 menit)
7) Pidato
kesimpulan sisi Kontra/Negatif
(waktu maksimal 2 menit)
8) Pidato kesimpulan sisi Pro/Positif
(waktu maksimal 2 menit)
i. Ketika pembicara menyampaikan pidato
substantifnya, anggota dari tim lawan tidak
boleh mengajukan interupsi. Jika tim mengajukan interupsi, maka tim yang
bersangkutan
didiskualifikasi.
j. Keputusan juri tidak
dapat diganggu gugat.
k. Aspek yang dinilai adalah Isi, gaya
dan strategi.
l. Debat dibagi beberapa babak yaitu:
Babak pertama (babak penyisihan grup ). Babak Semifinal. Babak Final.
m. Kejuaraan terdiri atas juara 1, 2, 3
bersama.
n. Jika terdapat hal-hal yang belum
diatur dalam ketentuan ini, akan diatur panitia kemudian.
Topik
lomba debat Bahasa Indonesia Tahun 2016 adalah sebagai berikut.
I. Penyisihan Grup
1. Penerapan
lima hari kerja dapat meningkatkan efektifitas belajar peserta didik.
2. Perkembangan
teknologi mendukung tercapainya tujuan pembelajaran
3. Indonesia
telah siap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asia)
4. Pembelajaran
sastra lebih penting dibandingkan pembelajaran tata bahasa
II. Babak Semifinal
1.
Perkembangan media sosial dan internet
merusak generasi muda Indonesia.
2.
PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) tidak
perlu melibatkan siswa senior.
III. Babak Final
1. Penerapan
lima hari kerja dapat meningkatkan efektifitas belajar peserta didik.
2. Perkembangan
teknologi mendukung tercapainya tujuan pembelajaran
3. Indonesia
telah siap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asia)
4. Pembelajaran
sastra lebih penting dibandingkan pembelajaran tata bahasa
5.
Perkembangan media sosial dan internet
merusak generasi muda Indonesia.
6.
PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) tidak
perlu melibatkan siswa senior.
G. Panitia Kegiatan
Panitia
Pelaksana debat Bahasa Indonesia Tingkat SMK se Kabupaten Semarang Tahun 2016
adalah sebagai berikut.
Jabatan Panitia
|
Nama Lengkap
|
Asal Sekolah
|
Ketua Panitia
|
: Benny Irawan, S.Pd.
M.Pd.
|
SMK Negeri 1 Bancak
|
Sekretaris
|
: Sa'bani, S.Pd.
|
SMK TH Tengaran
|
Bendahara
|
: Wulan, S.Pd.
|
SMK Perintis
|
Seksi Acara
|
: Isnaeni Mansyur,
S.Pd.
|
SMKN 1 Jambu
|
Seksi Penjurian
|
: Eddy Setyono, S.Pd.
|
SMK Kanisius Amb.
|
Seksi Pembantu Umum
|
: Goenady, S.Pd.
|
SMKN Bawen
|
Moderator & Timer
|
: Siswa SMKN Jambu
|
SMKN Jambu
|
H. Estimasi Anggaran
Terlampir
I. Pentup
Demikian
proposal Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat SMK se Kabupaten Semarang Tahun 2016
kami buat untuk digunakan sebagai acuan dasar kegiatan yang akan kami
laksanakan.
Kabupaten
Semarang, 4 Oktober 2016
Ketua Panitia
Benny Irawan,
S.Pd. M.Pd.
NIP
198307032009021002
Tembusan:
1.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Semarang
2.
Ketua MKKS SMK Kabupaten Semarang
1 komentar:
Thx gan
Posting Komentar